Transfer Data ke STATA

Written By Malonda Gaib on Kamis, 14 April 2011 | 14.4.11

Sebetulnya anda bisa saja langsung menginput data ke STATA, namun biasanya memasukan data ke STATA agak sulit jika anda belum terbiasa dengan STATA. Karena alasan itu pula, kebanyakan orang biasanya hanya menggunakan STATA untuk transformasi dan analisis data saja, sementara untuk proses entry datanya tetap dilakukan menggunakan program aplikasi yang sudah biasa digunakan misalnya Epi Info/Epi Data, Excel, dBase, SPSS, dan lainnya.

Nah, untuk menstarnsfer (export/import) format file dari format lainnya ke STATA, maka diperlukan program aplikasi yang terpisah dari STATA yaitu STATA Transfer. Berikut cara mentransfer file data ke format STATA :


Aktifkan STATA TRANSFER

  
Pada menu: Input File Type, pilih format data yang akan ditransfer, misalnya: SPSS Data File (Pilihan lainnya:Lotus123, Acces, ASCII, dBASE, Epi-Info, Excel, Fox-pro, Minitab, Quatro-pro, SAS, SPSS, Statistica, Systat, dll). Pada menu: Kotak Input " File Specipication", klik Browse.. hingga muncul jendela ini :



Pilih  nama file yang akan ditransfer.
 


Selanjutnya pada menu: Output File Type, pilih format Stata (Standar).
Catatan; Transfer file juga dapat dilakukan kepada format lain misalnya: Lotus123, Acces, ASCII, dBASE, Epi-Info, Excel, Fox-pro, Minitab, Quatro-pro, SAS, SPSS, Statistica, Systat.
Secara otomatis kotak Output "File Specipication" akan tertulis nama file yang sama, hanya saja sekarang diberi extension .DTA



Klik Transfer untuk menjalankan prosedur



Perhatikan pesan yang muncuk di kiri bawah: (Finished …. 78 cases were transferred) Angka 78 merupakan jumlah kasus/record/responden yang telah ditransfer). Proses transfer sudah selesai, kemudian pilih Exit untuk keluar dari program STATA TRANSFER.

Untuk melihat hasil transfer, lihat pada directory dimana file  sumber tersimpan :



SELESAI.

9 komentar:

denina-shop mengatakan...

Salam kenal..saya mau tanya, bagaimana cara mentransfer dan menggabungkan data yag terpisah pisah dari beberapa sheet excel yang berbeda2, karena data saya tidak dapat digabungkan dalam satu sheet excel yg sama krn jumlah respondennya jutaan (data sensus)....mohon pencerahannya.

Malonda Gaib mengatakan...

Salam kenal juga, cara kerjanya seperti di atas, cuma untuk setiap anda transfer letakan sheet yang akan anda transfer di sheet paling awal. Nantinya, hasil transfer akan menghasilkan banyak file sesuai dengan jumlah sheet yang ada di excel.

Malonda Gaib mengatakan...

Oh ya..setiap meletakan sheet ke sheet paling awal, jangan lupa di-SAVE file excelnya.

dawamjamil mengatakan...

coba saya bantu kirim file nya ke email saya mdawamj@gmail.com saya bantu merger data yang berserak

Unknown mengatakan...

HEBAT

Olah_Data_Semarang mengatakan...

Download STATA 16 MP Full Version
STATA 16 MP Full Version Is Portable Software No Need To Install.
Use It Directly.
https://s.id/STATA_16

noviva mengatakan...

Salam kenal, saya mau bertanya untuk transformasi data stata ke data spss/excel apakah bisa juga menggunakan aplikasi tersebut ? Atau ada cara lain? Terimakasih

Olah_Data_Semarang mengatakan...

Video Tutorial Uji Validitas dan Reliabilitas STATA 16 Lengkap
(Dilengkapi File Materi Dan Software STATA 16)
Merupakan Panduan Yang Lengkap Dan Detail
Klik Link Dibawah Untuk Mendapatkannya
https://bit.ly/UjiSTATA

Agus mengatakan...

STATA 17 MP Crack Full Version
Stata 17.0 MP Crack Full Version is an integrated statistical tool which gives data analysis
Stata 17 MP Crack Full Version Full Download! Stata 17 MP Crack Full Version is flexible and powerful statical software for the science field
Link Download Stata 17 MP Crack Full Version
https://dik.si/MPV17

Posting Komentar