Entry Data di SPSS

Written By Malonda Gaib on Minggu, 13 Maret 2011 | 13.3.11

Buka software SPSS anda terserah versinya, kebetulan yang saya pakai versi 13… pada menu SPSS akan muncul jendela sebagai berikut :




Selanjutnya tekan Cancel.

Layar akan terbuka “Untitled - SPSS Data Editor” seperti pada gambar berikut: Selanjutnya disebut sebagai Jendela Data Editor. Karena belum ada data, maka tampilannya masih kosong.




Masukan (entry) data yang anda ingin analisis, dengan cara klik Variabel Vew (terletak di sudut kiri bawah jendela editor) terlebih dahulu. Selanjutnya mulailah membuat variabel yang dibutuhkan dengan cara mengetik nama variabel yang diinginkan. Seperti variable nama, kelamin, umur, pendidikan, dsb. Contoh :



Untuk dapat memasukkan data di atas kedalam program SPSS, maka terlebih dahulu anda harus membuat mendefinisikan Type variabel. Ini penting, karena kalau anda tidak melakukannya, ketika anda menginput data biasanya program akan menolak data yang tidak sesuai dengan type nya.


Caranya : Pada kolom Name baris “nama”. Type-nya ganti dengan String karena pada variabel NAMA data yang ingin dimasukkan adalah berbentuk huruf.. Cara mengganti type dari Numerik menjadi String adalah dengan mengklik bagian ujung "numeric", sehingga muncul menu Variabel Type sebagai berikut:





Gantilah Numerik dengan mengklik String, kemudian klik OK, hasilnya sbb:



Karena nama responden membutuhkan ruang yang cukup luas, misalnya anda ingin mengetik nama responden sampai 20 karakter, maka silahkan ganti Width dari 8 menjadi 20, dengan cara klik angka 8 tersebut dan ganti dengan mengetik angka 20.


Untuk “Umur” biarkan tetap menjadi numerik. Demikian pula untuk “Kelamin” , perlu diingat pada data kategorik atau kualitatif seperti: kelamin, pendidikan, pekerjaan, dll) data yang dimasukkan ke komputer (entry) biasanya untuk efisiensi data tersebut dirobah kedalam bentuk kode angka (1=laki, 2=Perempuan). Karena hal itu, maka variable kelamin tidak dirobah ke type string, karena data yang ingin dimasukkan adalah berbentuk angka 1 atau 2.



Setelah proses pembuatan varaibel selesai, selanjutnya buka jendela Data Vew dan masukkan datanya. Sebagai latihan gunakan contoh data berikut:



Selesai..??? belum, waktu kita menginput variabel kelamin, kita memasukannya dalam bentuk angka (kode), supaya pada saat analisis data tidak terjadi kebingungan, sebaiknya kode tersebut diberi label.

Kembali klik Variable View, pada kolom “values” baris “kelamin”, klik bagian ujung "none", sehingga akan muncul layar berikut :




      1. Pada kotak Value isi dengan angka “1

      2. Pada kotak Value Label ketik “Laki Laki, akan nampak seperti ini :



    3. Kemudian klik Add. Hasilnya seperti dibawah ini :



      4. Lakukan hal yang sama untuk untuk kategori perempuan, bila benar hasilnya seperti ini :




        5. Selanjutnya klik OK, selesai......selanjutnya silahkan analisis.


Untuk sementara sampai disini dulu…..tunggu tutorial berikutnya.

5 komentar:

ramadhan mengatakan...

mas mau tanya nihc cara memasukkan data jika data campuran antara nominal dan presentase apakah hasilny bisa valid..?
atau perlu penyamaan dlu ke nominal atau persentae gt dlu?

Malonda Gaib mengatakan...

Data yang dimasukan harus bersatuan sama. Misalnya Usia, jika satuannya adalah bulan, maka semuanya dalam bentuk bulan, jgn dcampur bulan dengan tahun.

Musthofa Kamal Sya'roni mengatakan...

thanks gan atas tutorialnya
mampir juga ke situs ane tuk download lagu original www.iloveitunesmusic.org

Maria Inge mengatakan...

kalu misal data peneltian kan 4 tahun, apakah di uji per tahun, atu di uji bersamaan 4 tahunnya, kalau bersamaan cara masukin di variabel vie gimana,,, pliisss bales..... thanks

Malonda Gaib mengatakan...

Bisa bersamaan, caranya sperti memasukkan data "jenis kelamin". Buat variabel baru dengan nama "tahun". Bila jenis kelamin hanya ada 2 kode, maka tahun ada 4 kode yaitu, 1, 2, 3, dan 4.

Poskan Komentar