Biostatistik Dasar

Written By Malonda Gaib on Selasa, 29 Maret 2011 | 29.3.11

PENGERTIAN
Statistik adalah sekumpulan konsep dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan dan menginterpretasi data tentang bidang kegiatan tertentu dan mengambil kesimpulan dalam situasi dimana ada ketidakpastian dan variasi.

Kata statistik berasal dari kata status (bahasa Latin) yang berarti negara. Mengapa negara ? Karena dulu , statistik hanya semata-mata sering digunakan untuk menyajikan data-data yang berhubungan dengan negara seperti: statistik tenaga kerja, statistik produksi pertanian, statistik pendidikan,dsb.

Namun saat ini statistik telah berkembang ke seluruh aspek kehidupan seperti dibidang kedokteran, bisnis, hukum,dll. Statistik yang diterapkan dibidang biologi, farmasi,kesehatan, dan kedokteran disebut dengan biostatistik.

Contoh :
  1. Suatu studi dilakukan untuk melihat efek dari dua macam bentuk makanan (cair & padat) yang mempunyai kadar protein tinggi apakah menghasilkan penyerapan yang sama pada anak-anak.
  2. Pusdakes menaksir proporsi ibu hamil yang melakukan pemeriksaan K4 di Kab. Bekasi.
RUANG LINGKUP STATISTIK
1. Statistik Deskriptif 

Kegiatan mulai dari pengumpulan data sampai mendapatkan informasi dengan jalan menyajikan dan analisis data yang telah terkumpul atau sengaja dikumpulkan. Atau kegiatannya hanya mendeskripsikan data yang disurvey saja tanpa melakukan generalisasi.
Contoh : Untuk menggambarkan karakteristik penduduk diperlukan data seperti: umur, jenis kelamin, status perkawinan, dsb.

2. Statistik Inferens/Induktif

Kumpulan cara atau metode yang dapat menggeneralisasi nilai-nilai dari sampel yang sengaja dikumpulkan menjadi nilai populasi. Atau kegiatannya sudah melakukan generalisasi dari sampel ke populasi.
Contoh : Untuk menganalisa hubungan pertambahan berat badan Ibu hamil dengan berat lahir di daerah Cibinong diambil sampel di RSUD Cibinong.

Statistik inferens/induktif dibagi menjadi dua, yaitu statistik parametrik dan statistik non parametrik. Untuk lebih jelasnya baca postingan tentang Statistik Parametrik dan Statistik Non Parametrik.

Tahapan kegiatan di dalam statistika biasanya dibagi dalam benerapa tahap, yaitu :
  1. Pengumpulan data
  2. Penyajian data
  3. Pengolahan data
  4. Analisis/interpretasi data.
Tentang data baca postingan saya yang ini : Konsep Data.


REFERENSI
Sabri, L., Hastono, SP. Statistik Kesehatan.Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers. 2008
Pagano, M., Kimberlee Gauvreau. Principles of Biostatistics. Belmont: Duxbury Press, 1993. 

3 komentar:

brokenmind mengatakan...

tolong rajin di update yaa..
blog ini sangat membantu untuk mahasiswa kesmas seperti saya..

Malonda Gaib mengatakan...

Terima kasih sebelumnya telah berkunjung ke blog ini, keinginan untuk meng-update pasti ada, tapi tentunya ada kendalanya yaitu waktu dan jaringan.

Hon Book Store mengatakan...

Salam kenal!!

Langkah Praktis Menguasai Statistik untuk Ilmu Sosial dan Kesehatan + Konsep dan Penerapannya Menggunakan SPSS + cd

Silahkan kunjungi dan pilih2 buku berkualitas lainnya dari penerbit-penerbit kota pelajar Yogyakarta di : www.honbookstore.com
Dapatkan diskon gede2an hingga 15%. :D

Jangan lupa silahkan tinggalkan jejak alias komen di : Hon Book Store :)

Posting Komentar