Statistik Parametrik dan Non Parametrik

Written By Malonda Gaib on Jumat, 11 Maret 2011 | 11.3.11

Terkadang kita bingung dalam melakukan uji hipotesa/hipotesisi. Nah..sebelum kita lebih jauh melakukan uji, sebaiknya kita mengetahui dulu jenis statistiknya. Statistik itu terbagi dua yaitu statistik Deskriptif dan Statistik Induktif/inferensial.

Statistik Deskriptif adalah statistik yang kegiatannya hanya mendeskripsikan data yang disurvey saja tanpa melakukan generalisasi. Sementara Statistik Induktif/inferensial adalah statistik yang kegiatannya sudah melakukan generalisasi dari sampel ke populasi.

Statistik induktif terbagi menjadi dua lagi yaitu statistik Parametrik dan Non Parametrik. Untuk membedakan keduanya (Parametrik dan Non Parametrik), maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dalam pengujian hipotesa sangat berhubungan dengan distribusi data populasi yang akan diuji. Bila distribusi data populasi yang akan diuji berbentuk normal/simetris/Gauss, maka proses pengujian dapat digunakan dengan pendekatan uji statistik paramerik. Sedangkan bila distribusi data populasinya tidak normal atau tidak diketahui distribusinya maka dapat digunakan pendekatan uji statistik non paramerik.

Kenormalan suatu data juga dapat dilihat dari jenis variabelnya, bila variabelnya berjenis numerik/kuantitatif bisaanya distribusi datanya mendekati normal/simetris, sehingga dapat digunakan uji statistik paramerik. Bila jenis variabelnya katagorik, maka bentuk distribusinya tidak normal, sehingga uji non-parametrik dapat digunakan. Penentuan jenis uji statistik juga ditentukan oleh jumlah data yang dianalisis, bila jumlah data kecil cendrung digunakan uji non paramerik.

Pada statistik paramerik, pengujian hipotesa dan pengambilan keputusan dipengaruhi oleh beberapa asumsi. yang bila tidak terpenuhi maka validitas hasil penelitian diragukan. Asumsi tersebut adalah (Bhisma Murti, 1996):
  1. Normalitas distribusi populasi.
  2. Independensi pemilihan unit sampel dari populasi
  3. Independensi pengamatan unit observasi
  4. Kesamaan varians jika membandingkan dua atau sejumlah sampel
  5. Variabel diukur paling sedikit dalam skala interval
Namun dalam prakteknya, situasi yang sering muncul tidak memenuhi asumsi yang dimaksud. Oleh karena itu digunakan statistik non-parametrik sebagai alternatif dalam pengujian hipotesis atau pengambilan keputusan.


REFERENSI
  1. Murti, Bhisma. Penerapan Metode Statistik Non Parametrik Dalam Ilmu-ilmu Kesehatan. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 1996.
  2. Sabri, L., Hastono, SP. Statistik Kesehatan.Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers. 2008
  3. Siegel, Sidney. Statistik Non Parametrik Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 1992.

    5 komentar:

    hujan--februari mengatakan...

    makasih ya artikelnya

    Ikhwah SMA 3 Semarang mengatakan...

    pak, saya mau tanya? saya masih bingung dengan 5 asumsi ini. jadi saya sedang penelitian untuk skripsi, membandingkan dua data yang independen. Dari uji normalitas sebaran menunjukkan normal, kedua dari uji kesamaan varians menunjukkan equal atau sama. data tersebut berupa nilai siswa.
    apakah bisa saya katakan data saya dapat diolah dengan pendekatan parametrik. mohon jawabannya pak. terimakasih

    Malonda Gaib mengatakan...

    @Ikhwah: betul, lakukan dengan pendekatan parametrik, karena pada prinsipnya data dpt diolah/dianalisis dengan pendekata parametrik jika asumsi normalitas data terpenuhi.

    HARDYANTI RAFIK mengatakan...

    bisa tolong kirimkan data dengan uji hipoetsis parametrik dan nonparametrik,.untuk keperluan tugas nnti kamis 14 desember 2012,terima kasih banyak sebelumnya

    Hon BookStore mengatakan...

    Salam kenal!!

    Langkah Praktis Menguasai Statistik untuk Ilmu Sosial dan Kesehatan + Konsep dan Penerapannya Menggunakan SPSS + cd

    Silahkan kunjungi dan pilih2 buku berkualitas lainnya dari penerbit-penerbit kota pelajar Yogyakarta di : www.honbookstore.com
    Dapatkan diskon gede2an hingga 15%. :D

    Jangan lupa silahkan tinggalkan jejak alias komen di : Hon Book Store :)

    Poskan Komentar